Selasa, 08 Mei 2012

Girls Talk : Why men don't listen?

Adegan 1
man : ada apa?
woman: gak papa... (baca : hah? masi gak sadar juga?)
man : ok (baca : bagus dia tidak mengatakannya, aku juga tidak akan bertanya lagi)

Adegan 2
woman : aq haus sayang (baca : aku ingin kamu tau kalo aku sedang butuh bantuan, kalo memang sayang aku, ambilkan aku minum)
man : ya sudah minum saja (baca : ya sudah, minum saja)

mungkin kita tersenyum melihat dialog dialog di atas, meski tidak selalu seperti itu, tapi hal itulah yang sering terjadi antara kita dan pasangan kita kan?
wanita merasa pasangan tak pernah mendengarkan kita... sementara pria merasa pasangan terlalu sulit untuk dimengerti... wanita heran pria bisa mengingat jenis-jenis mobil keluaran terbaru ataupun nama pemain sepak bola lengkap dengan nama club nya, tapi lupa ulang tahun pasangannya... wanita juga heran bagaimana bisa pria rela begadang saat piala dunia namun untuk mendengarkan pasangannya bicara, mereka terlihat malas... apakah pria memang tidak bisa mendengarkan? tentu tidak... namun kita perlu tahu, ada kalanya untuk "mendengarkan" kita, pria butuh proses... harus diakui ada perbedaan diantara pria dan wanita untuk mengungkapkan pendapat, dan sebaliknya untuk mendengarkan pun juga berbeda... karena itu jangan putus asa jika pasangan kita seolah tidak mau mendengarkan kita...

singkirkan ego dan belajar untuk lebih dulu memahami... karena itulah kita harus introspeksi diri juga, dan baiknya menghindari hal-hal berikut :
1. terlalu banyak bicara
pria bukanlah makhluk yang bisa melakukan multitasking sebanyak wanita, jika kita bicara dari A - Z, dari soal pakaian, hingga tetangga sebelah yang pelihara kucing, dst, dia bisa kehilangan fokus dan akhirnya sulit untuk mendengarkan... pria memang sering kali hanya memiliki waktu perhatian tidak lama ( tak lebih dari 10 menit ) cobalah bahas topik satu persatu.
2. bicara itu itu saja
bukan berarti tidak boleh, namun pria sering kali bosan saat ia sudah tau apa yang akan anda bicarakan... kuncinya? sampaikan dengan cara berbeda
3. memarahi
tidak ada yang merasa senang jika dimarahi... termasuk pria... tapi tanpa sadar kita melakukannya...
4. mengatur
seringkali jika diatur-atur, pria merasa seperti boneka yang tidak bebas... jadi pakailah cara dan kata2 yang membuat mereka lebih nyaman...
5. berbicara saat mereka melakukan sesuatu yg lebih "penting"
seperti yg sudah dibahas sebelumnya, pria sulit melakukan 2 hal sekaligus... apalagi jika bagi mereka kegiatan itu penting (meski tampaknya tidak terlalu penting bagi kita)
6. topik tidak menarik
tidak hanya pria, kita sendiri kadang merasakannya... sangat susah mendengarkan jika kita sendiri tidak berminat dengan topik yang dibicarakan...

Nah dari 6 hal diatas semoga kita bisa memperbaiki diri juga membantu pasangan untuk lebih bisa mendengarkan...good luck girls!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar